Rabu, 08 Mei 2013

Guru Frustasi dan Guru yang Baik

GURU FRUSTASI DAN GURU YANG BAIK

1. Sifat Guru Frustasi
Berdasarkan hasil penelitian Harris Interactive (2006),beberapa permasalahan yang umumnya dihadapi guru adalah:

  1. Tidak cukup waktu merencanakan pembelajaran (65%)
  2. Gaji tidak sesuai dengan beban pekerjaan (64%)
  3. Guru yang memandang bahwa membantu siswa secara individual sebagai salah satu tantangan berat (60%)
  4. Guru yang mempersepsikan bahwa prestise profesional masih jauh dari harapan (37%)
  5. Guru yang memandang bahwa pelaksanaan pembelajaran di kelas merupakan tantangan berat (34%).

Ciri-ciri guru yang menyebabkan siswanya frustasi akibat kinerja buruk guru ketika melakukan proses pembelajaran:
  1. Pandangan negatif terhadap kegiatan mengajar atau pekerjaan mereka.
  2. Sibuk bekerja dan kurangnya varietas dalam kegiatan kelas. 
  3. Kecongkakan.
  4. Kurangnya pengetahuan.
  5. Tidak mengenal banyak tentang siswanya.
  6. Keengganan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa.
  7. Apati

2. Guru yang Baik
Marie F. Hassett mengemukakan bahwa ketika berbicara tentang kualitas mengajar seorang guru, fokusnya berkaitan dengan masalah-masalah teknik, konten, dan prestasi. Beberapa orang berpendapat bahwa kemampuan komunikasi lebih penting.

Guru yang baik memiliki ciri-ciri:
  1. memiliki kesadaran akan tujuan;
  2. memiliki harapan akan keberhasilan bagi semua siswa;
  3. mentolerasi ambiguitas;
  4. menunjukkan kemauan beradaptasi dan berubah untuk memenuhi kebutuhan siswa;
  5. merasa tidak nyaman jika kurang mengetahui;
  6. mencerminkan komitmen pada pekerjaan mereka;
  7. belajar dari berbagai model;
  8. menikamati pekerjaan dan siswa mereka. 

0 komentar: