Rabu, 22 Mei 2013
BAB III: PROFIL GURU YANG BAIK
PROFIL GURU YANG BAIK
PENDIDIKAN
GURU
Pendidikan prajabatan guru (preservice
teacher education) adalah kebijakan dan prosedur yang dirancang untuk
membekali calon guru dengan pengetahuan, sikap, perilaku, dan keterampilan yang
mereka butuhkan untuk melakukan tugas-tugas secara efektif dalam kelas,
sekolah, dan masyarakat luas setelah mereka menjalankan tugas sesungguhnya.
CALON GURU
Pembagian kurikulum pendidikan bagi calon guru:
- pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan filsafat pendidikan, sejarah pendidikan, psikologi pendidikan, dan sosiologi pendidikan.
- Pengetahuan yang berkaitan dengan proses pembelajaran proses pembelajaran dan evaluasi pendidikan, serta pengembangan ilmu.
- Pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan bidang sudi bagi calon guru bidang studi dan kegurukelasan bagi calon guru kelas.
- Pengetahuan dan keterampilan khusus yang diperoleh melalui praktik mengajar di kelas atau bentuk lain dari praktik pendidIkan.
MEMBANGUN KEYAKINAN
Menurut Bransford dkk. (2005), trust (keyakinan) akan panggilan profesinya menjadi hal terpenting yang harus dimiliki guru. Berkaitan dengan faktor yang memotivasi minat dan keyakinan calon guru selama menjalani pendidikan persiapan, ada dua hal yang perlu diperhatikan:
- Pekerjaan yang ada menunjukkan bahwa calon masuk ke program pendidikan guru dengan seperangkat keyakinan tentang mengajar, ruang kelas, dan pengalaman pendidikan mereka sendiri.
- Sebagian besar keyakinan guru bekerja didasarkan pada pendidikan dalam jabatan, bukan dari pendidikan prajabatan yang kerap menimbulkan masalah.
Dengan demikian, keyakinan calon guru akan profesi yang akan ditekuninya kemudian sangat berguna untuk memahami kualitas pengajaran di masa depan. Willcox-Herzog (2002) meyakini sepenuhnya bahwa ada korespondensi antara keyakinan akan profesi dan kemampuan praktik pembelajaran. Namun, tentu tidak cukup adail untuk menggunakan nilai pengalaman praktik sebagai penentu mutlak kriteria calon guru yang baik.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: