Minggu, 05 Mei 2013

LAPORAN MINI PROJECT PEDAGOGI KELOMPOK 2

KELOMPOK 2

A.    TEMA: 
"MARI BERKREASI"

B.     KESIMPULAN HASIL OBSERVASI:
1.      Subjek                                   : Murid TK Happy Holy Kids
Materi yang akan diajarkan          : Cuci Tangan dan Sikat gigi
Pada awalnya kelompok sepakat untuk mengajarkan cara cuci tangan dan sikat gigi pada anak-anak TK karena menurut kelompok masih banyak anak-anak yang belum tahu cara cuci tangan dan sikat gigi yang baik selain itu di sekolah pun memang hal ini tidak diajarkan atau tidak menjadi bagian dari kurikulum sekolah. Cara pengajaran yang akan kelompok gunakan bukan hanya dengan memberikan informasi tetapi juga ada praktek secara langsung bagaimana cara mencuci tangan dan sikat gigi yang baik agar anak-anak lebih paham dengan yang kelompok ajarkan. Akan tetapi kegiatan ini gagal kelompok laksanakan karena keterbatasan dari sekolah tersebut untuk melakukan kegiatan ini dan kebanyakan dari murid tidak bisa mengikuti kegiatan ini setelah pulang sekolah, sedangkan di jam sekolah sendiri sudah banyak kegiatan yang harus mereka laksanakan.

2.      Subjek                                   : Murid PAUD Nadine
Materi yang diajarkan                   : Menggambar dan Mewarnai
Kelompok mencari tempat lain untuk mengajar dan ketemulah PAUD Nadine ini. Kelompok kemudian mengobservasi dan mewawancara pemilik sekolah untuk menentukan materi yang diajarkan mengingat materi yang ingin kelompok ajarkan sebelumnya (cuci tangan dan gosok gigi) sepertinya kurang tepat bila diajarkan di PAUD. Berdasarkan hasil wawancara kelompok mendapat informasi kalau PAUD ini akan mengikuti perlombaan menggambar dan mewarnai, untuk itu kelompok memutuskan untuk mengajarkan materi ini kepada mereka.
            
C.   PERENCANAAN:
  1. Landasan Teori:
Teori utama yang kelompok gunakan untuk kegiatan ini adalah teori tentang hal-hal yang perlu diperhatikan oleh guru untuk membantu siswa dapat berkembang secara baik yaitu:
1)      Selalu mengharapkan siswa lebih baik dari yang seharusnya diharapkan oleh siswa itu sendiri
2)       Menekankan hal yang positif, selalu berhati-hati memuji pekerjaan yang baik dari siswanya.
3)      Menunjukkan keramahan dan secara jujur dapat menampakan rasa tidak suka kepada siswa secara dan hati-hati, dan menekankan sedemikian rupa masalah atau gangguan pribadi didepan siswa
4)      Berteman baik dengan siswa, tetapi tidak seperti hubungan siswa dengan siswa
5)      Tidak pernah menyerah dalam menghadapi perilaku siswa dan tidak mengkategorikan atau ‘melabeli’ siswa secara permanen.

Selain itu kelompok juga menggunakan teori 10 top kualitas pendidik yang baik seperti :
1)      Confidence
2)      Patience
3)      True compassion for their students
4)      Understanding
5)      The ability to look at life in a different way and to
     explain a topic in a different way
6)      Dedication to excellence
7)      Unwavering support
8)      Willingness to help student achieve
9)      Pride in student’s accomplishments
10)    Passion for life

  1. Tujuan:
Pengajaran ini bertujuan untuk: melatih sensorik motorik, mengembangkan kreativitas dan membuat anak mampu berimajinasi.

  1. Manfaat:
Pengajaran ini diharapkan mampu membantu perkembangan sensorik motorik, kreativitas dan imajinasi anak.

  1. Lokasi:
PAUD Nadine jalan Asoka 1 Lingkungan IV

  1. Waktu:
4 April 2013 mulai pukul 09.00-selesai

  1. Perlengkapan/ alat bantu:
Papan tulis, spidol, buku gambar, krayon/ pensil warna dan kamera

  1. Perincian biaya
Nama Barang
Jumlah Barang
Harga
Total Harga
1.    Buku Gambar
7 buah
Rp.   3.000,-
Rp.   21.000,-
2.      Susu
50 kotak
Rp.   3.000,-
Rp. 150.000,-
3.      Chiki
50 buah
Rp.   2.000,-
Rp. 100.000,-
4.      Coklat
1 buah
Rp. 15.000,-
Rp.   15.000,-
Total Pengeluaran
Rp. 286.000,-

D.  PELAKSANAAN
1)      Perkenalan (20 menit)
Perkenalan dimulai dari perkenalan kami sebagai pengajar kemudian dilanjutkan dengan pemanggilan nama mereka satu persatu agar kami lebih dapat mengenal murid-murid yang akan kami ajarkan.

2)      Pembagian Kertas Gambar dan Persiapan Contoh Gambar (10 menit)
Disini kelompok membagi tugas, ada yang bertugas membagikan kertas gambar, ada yang  menggambar dan kemudian menjelaskan apa saja yang harus mereka gambar.

3)      Menggambar dan Mewarnai (30 menit)
Para murid diminta untuk menggambar objek yang di gambar oleh pengajar kemudian mewarnainya.

4)      Pengumpulan dan Pemilihan Gambar Terbaik (10 menit)
Kelompok mengumpulkan semua gambar yang telah selesai dan memilih satu gambar terbaik. Kelompok memilih Gio sebagai pemenang dan memeberikan hadiah yang kelompok sediakan khusus untuk pemenang.

5)      Pembagian Reward (10 menit)
Kelompok memberikan reward berupa snack dan susu pada murid yang mengikuti kegiatan ini.

6)      Games (10 menit)
Peserta diminta untuk bernyanyi dan menyebutkan kata dalam bahasa Inggris. Disini kelompok dapat melihat kalau murid-murid cukup berani untuk maju ke depan untuk bernyanyi dan sudah mampu mengenal kata bahasa inggris, meskipun dalam pengucapan masih banyak yang kurang baik.

7)      Kata Penutup dan Foto Bersama
Kelompok mengucapkan terima kasih kepada semua murid dan guru yang telah bersedia mengikuti kegiatan kelompok kemudian kelompok berfoto bersama guru dan murid.

E.       LAPORAN KEGIATAN
1. Serefhy
v  Memuji murid.
v  Mengajak murid yang sudah selesai menggambar untuk bermain.
v  Menanyakan murid warna apa yang ingin dipakai

2. Juli
v   Mengajak murid untuk berdiskusi tentang gambar.
v  Memuji setiap murid yang menyerahkan kertas gambar.
v  Mengingatkan murid yang belum siap menggambar

3. Murid:
v  Beberapa murid belum tahu apa objek yang digambar.
v  Beberapa murid ada yang lupa membawa pensil warna/crayon.
v  Beberapa murid saling meminjam pensil warna/crayon
v  Beberapa murid mengalami kesulitan mengenal warna.
v Beberapa murid terlihat tidak bisa diam dan berteriak-teriak di kelas.
v Seorang anak menangis dan ditenangkan oleh guru.
v  Beberapa murid belum selesai mewarnai ketika sebagian besar temannya sudah mengumpulkan hasil gambarnya.
v  Murid menyelesaikan gambar sampai selesai.

F.        HASIL KEGIATAN
Kegiatan yang kelompok laksanakan ini menurut kelompok cukup berhasil dan dapat diterima oleh murid-murid karena beberapa murid yang kurang mengerti warna jadi tahu warna apa yang seharusnya dipakai untuk mewarnai gambar tertentu dengan menyuruh mereka membayangkan benda tersebut, selain itu adanya reward yang kelompok janjikan di awal proses kegiatan ini membuat para murid bersemangat untuk menggambar dan mewarnai dengan sebaik-baiknya. Meskipun demikian kelompok juga tidak dapat menghindari kendala yang disebabkan karena jumlah murid yang terlalu banyak, tetapi dengan adanya bantuan dari guru-guru, kelompok dapat mengatasi kendala tersebut.

G.      EVALUASI
Ketika mengerjakan tugas ini tentu saja kelompok mengalami cukup banyak kendala mulai dari kelompok terlalu berfokus pada materi yang diajarkan terlebih dahulu sebelum melihat kondisi sebenarnya di lapangan, menyesuaikan waktu antar anggota kelompok, waktu pelaksanaan yang sesuai dan jumlah siswa dalam kegiatan ini yang terlalu banyak. Namun kelompok belajar dari kendala-kendala yang kelompok hadapi dan mencoba mencari alternatif-alternatif lain sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik. Meskipun mengalami kendala, kelompok juga mendapat kemudahan terutama dari sekolah tempat kelompok melaksanakan kegiatan ini, murid-murid dan guru-guru yang mengikuti kegiatan ini.

H.      DOKUMENTASI





I.         TESTIMONI
Seru, capek, senang, semua jadi satu, ini menjadi tambahan pengalaman bagi saya, dimana saya bisa mengajar menggambar dan mewarnai untuk anak kecil. Saya ikut merasa senang ketika mereka bisa menirukan atau mengikuti gambar yang sudah kami buat dan juga ketika melihat mereka tertawa saat gambar mereka sudah mereka warnai dengan warna pilihan mereka, saya juga puas ketika saya bisa mengajarkan cara menggambar kepada mereka. Melalui kegiatan ini ,saya dapat mengaplikasikan teori menjadi guru yang baik untuk muridnya, salah satunya saja ketika menjadi guru kita harus terus memotivasi mereka, atau juga dengan mengingat nama mereka ketika didalam kelas. Kegiatan kelompok yang ada di Mata Kuliah ini sangat bermanfaat bagi saya ,baik dalam pengetahuan dan juga pengalaman

Tugas ini sangat menarik karena menambah pengalaman saya untuk berinteraksi dengan orang lain terutama dengan anak-anak selain itu dengan tugas ini saya dapat mengaplikasikan teori yang dipelajari selama ini. Tugas ini membantu saya mengerti kalau menjadi guru itu ternyata bukan pekerjaan yang mudah.

Menurut saya tugas ini menarik karena kami langsung mengaplikasikan teori yang ada dibuku. Dan bebas memilih teori sesuai dengan kegiatan yang kami lakukan. Tetapi menurut saya, tugas ini lumayan berat hehehe... Tapi so far so good, and it’s so funny even if it is so tiring hehehe :D




0 komentar: