Minggu, 05 Mei 2013
LAPORAN MINI PROJECT PEDAGOGI KELOMPOK 2
KELOMPOK
2
A.
TEMA:
"MARI BERKREASI"
B. KESIMPULAN
HASIL OBSERVASI:
1. Subjek : Murid TK Happy Holy Kids
Materi yang
akan diajarkan : Cuci Tangan dan
Sikat gigi
Pada awalnya
kelompok sepakat untuk mengajarkan cara cuci tangan dan sikat gigi pada
anak-anak TK karena menurut kelompok masih banyak anak-anak yang belum tahu
cara cuci tangan dan sikat gigi yang baik selain itu di sekolah pun memang hal
ini tidak diajarkan atau tidak menjadi bagian dari kurikulum sekolah. Cara
pengajaran yang akan kelompok gunakan bukan hanya dengan memberikan informasi
tetapi juga ada praktek secara langsung bagaimana cara mencuci tangan dan sikat
gigi yang baik agar anak-anak lebih paham dengan yang kelompok ajarkan. Akan tetapi
kegiatan ini gagal kelompok laksanakan karena keterbatasan dari sekolah
tersebut untuk melakukan kegiatan ini dan kebanyakan dari murid tidak bisa
mengikuti kegiatan ini setelah pulang sekolah, sedangkan di jam sekolah sendiri
sudah banyak kegiatan yang harus mereka laksanakan.
2.
Subjek : Murid PAUD Nadine
Materi yang
diajarkan : Menggambar
dan Mewarnai
Kelompok mencari tempat lain untuk mengajar dan
ketemulah PAUD Nadine ini. Kelompok kemudian mengobservasi dan mewawancara
pemilik sekolah untuk menentukan materi yang diajarkan mengingat materi yang
ingin kelompok ajarkan sebelumnya (cuci tangan dan gosok gigi) sepertinya kurang
tepat bila diajarkan di PAUD. Berdasarkan hasil wawancara kelompok mendapat
informasi kalau PAUD ini akan mengikuti perlombaan menggambar dan mewarnai, untuk
itu kelompok memutuskan untuk mengajarkan materi ini kepada mereka.
C. PERENCANAAN:
- Landasan Teori:
1)
Selalu mengharapkan siswa lebih baik dari yang
seharusnya diharapkan oleh siswa itu sendiri
2)
Menekankan hal yang positif, selalu berhati-hati
memuji pekerjaan yang baik dari siswanya.
3)
Menunjukkan keramahan dan secara jujur dapat
menampakan rasa tidak suka kepada siswa secara dan hati-hati, dan menekankan
sedemikian rupa masalah atau gangguan pribadi didepan siswa
4)
Berteman baik dengan siswa, tetapi tidak seperti
hubungan siswa dengan siswa
5)
Tidak pernah menyerah dalam menghadapi perilaku siswa
dan tidak mengkategorikan atau ‘melabeli’ siswa secara permanen.
Selain itu
kelompok juga menggunakan teori 10 top kualitas pendidik yang baik seperti :
1)
Confidence
2)
Patience
3)
True compassion for their students
4)
Understanding
5)
The ability to look at life in a different way and to
explain a topic in a different way
explain a topic in a different way
6)
Dedication to excellence
7)
Unwavering support
8)
Willingness to help student achieve
9)
Pride in student’s accomplishments
10) Passion for
life
- Tujuan:
Pengajaran
ini bertujuan untuk: melatih sensorik motorik, mengembangkan kreativitas dan membuat
anak mampu berimajinasi.
- Manfaat:
Pengajaran
ini diharapkan mampu membantu perkembangan sensorik motorik, kreativitas dan
imajinasi anak.
- Lokasi:
PAUD Nadine
jalan Asoka 1 Lingkungan IV
- Waktu:
4 April 2013
mulai pukul 09.00-selesai
- Perlengkapan/ alat bantu:
Papan tulis, spidol, buku gambar, krayon/ pensil warna dan kamera
- Perincian biaya
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga
|
Total Harga
|
1. Buku Gambar
|
7 buah
|
Rp. 3.000,-
|
Rp. 21.000,-
|
2.
Susu
|
50 kotak
|
Rp. 3.000,-
|
Rp. 150.000,-
|
3.
Chiki
|
50 buah
|
Rp. 2.000,-
|
Rp. 100.000,-
|
4.
Coklat
|
1 buah
|
Rp. 15.000,-
|
Rp. 15.000,-
|
Total Pengeluaran
|
Rp. 286.000,-
|
D. PELAKSANAAN
1)
Perkenalan (20 menit)
Perkenalan
dimulai dari perkenalan kami sebagai pengajar kemudian dilanjutkan dengan
pemanggilan nama mereka satu persatu agar kami lebih dapat mengenal murid-murid
yang akan kami ajarkan.
2)
Pembagian Kertas Gambar dan Persiapan Contoh Gambar
(10 menit)
Disini
kelompok membagi tugas, ada yang bertugas membagikan kertas gambar, ada
yang menggambar dan kemudian menjelaskan
apa saja yang harus mereka gambar.
3)
Menggambar dan Mewarnai (30 menit)
Para murid
diminta untuk menggambar objek yang di gambar oleh pengajar kemudian
mewarnainya.
4)
Pengumpulan dan Pemilihan Gambar Terbaik (10 menit)
Kelompok
mengumpulkan semua gambar yang telah selesai dan memilih satu gambar terbaik.
Kelompok memilih Gio sebagai pemenang dan memeberikan hadiah yang kelompok
sediakan khusus untuk pemenang.
5)
Pembagian Reward (10 menit)
Kelompok
memberikan reward berupa snack dan susu pada murid yang mengikuti kegiatan ini.
6)
Games (10 menit)
Peserta
diminta untuk bernyanyi dan menyebutkan kata dalam bahasa Inggris. Disini
kelompok dapat melihat kalau murid-murid cukup berani untuk maju ke depan untuk
bernyanyi dan sudah mampu mengenal kata bahasa inggris, meskipun dalam
pengucapan masih banyak yang kurang baik.
7)
Kata Penutup dan Foto Bersama
Kelompok
mengucapkan terima kasih kepada semua murid dan guru yang telah bersedia
mengikuti kegiatan kelompok kemudian kelompok berfoto bersama guru dan murid.
E.
LAPORAN KEGIATAN
1. Serefhy
v Memuji
murid.
v Mengajak
murid yang sudah selesai menggambar untuk bermain.
v Menanyakan
murid warna apa yang ingin dipakai
2. Juli
2. Juli
v Mengajak
murid untuk berdiskusi tentang gambar.
v Memuji
setiap murid yang menyerahkan kertas gambar.
v Mengingatkan
murid yang belum siap menggambar
3. Murid:
v Beberapa
murid belum tahu apa objek yang digambar.
v Beberapa
murid ada yang lupa membawa pensil warna/crayon.
v Beberapa
murid saling meminjam pensil warna/crayon
v Beberapa
murid mengalami kesulitan mengenal warna.
v Beberapa murid terlihat tidak bisa diam dan berteriak-teriak di kelas.
v Seorang anak menangis dan ditenangkan oleh guru.
v Beberapa murid terlihat tidak bisa diam dan berteriak-teriak di kelas.
v Seorang anak menangis dan ditenangkan oleh guru.
v Beberapa murid
belum selesai mewarnai ketika sebagian besar temannya sudah mengumpulkan hasil
gambarnya.
v Murid
menyelesaikan gambar sampai selesai.
F.
HASIL KEGIATAN
Kegiatan yang kelompok laksanakan ini menurut kelompok
cukup berhasil dan dapat diterima oleh murid-murid karena beberapa murid yang
kurang mengerti warna jadi tahu warna apa yang seharusnya dipakai untuk mewarnai
gambar tertentu dengan menyuruh mereka membayangkan benda tersebut, selain itu
adanya reward yang kelompok janjikan di awal proses kegiatan ini membuat para
murid bersemangat untuk menggambar dan mewarnai dengan sebaik-baiknya. Meskipun demikian kelompok juga tidak dapat menghindari kendala yang disebabkan karena jumlah murid yang terlalu banyak, tetapi dengan adanya bantuan dari guru-guru, kelompok dapat mengatasi kendala tersebut.
G.
EVALUASI
Ketika mengerjakan tugas ini tentu saja kelompok
mengalami cukup banyak kendala mulai dari kelompok terlalu berfokus pada materi
yang diajarkan terlebih dahulu sebelum melihat kondisi sebenarnya di lapangan, menyesuaikan
waktu antar anggota kelompok, waktu pelaksanaan yang sesuai dan jumlah siswa
dalam kegiatan ini yang terlalu banyak. Namun kelompok belajar dari
kendala-kendala yang kelompok hadapi dan mencoba mencari alternatif-alternatif
lain sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik. Meskipun mengalami
kendala, kelompok juga mendapat kemudahan terutama dari sekolah tempat kelompok
melaksanakan kegiatan ini, murid-murid dan guru-guru yang mengikuti kegiatan ini.
H.
DOKUMENTASI
I.
TESTIMONI
Seru,
capek, senang, semua jadi satu, ini menjadi tambahan pengalaman bagi saya, dimana
saya bisa mengajar menggambar dan mewarnai untuk anak kecil. Saya ikut merasa
senang ketika mereka bisa menirukan atau mengikuti gambar yang sudah kami buat dan
juga ketika melihat mereka tertawa saat gambar mereka sudah mereka warnai
dengan warna pilihan mereka, saya juga puas ketika saya bisa mengajarkan cara
menggambar kepada mereka. Melalui kegiatan ini ,saya dapat mengaplikasikan
teori menjadi guru yang baik untuk muridnya, salah satunya saja ketika menjadi
guru kita harus terus memotivasi mereka, atau juga dengan mengingat nama mereka
ketika didalam kelas. Kegiatan kelompok yang ada di Mata Kuliah ini sangat
bermanfaat bagi saya ,baik dalam pengetahuan dan juga pengalaman
Tugas ini sangat menarik karena menambah pengalaman
saya untuk berinteraksi dengan orang lain terutama dengan anak-anak selain itu
dengan tugas ini saya dapat mengaplikasikan teori yang dipelajari selama ini. Tugas
ini membantu saya mengerti kalau menjadi guru itu ternyata bukan pekerjaan yang
mudah.
Menurut
saya tugas ini menarik karena kami langsung mengaplikasikan teori yang ada
dibuku. Dan bebas memilih teori sesuai dengan kegiatan yang kami lakukan.
Tetapi menurut saya, tugas ini lumayan berat hehehe... Tapi so far so good, and it’s so funny even if it
is so tiring hehehe :D
Label:
TUGAS KELOMPOK 2
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: