Jumat, 12 April 2013
UTS 2012/2013
1.
Uraikan secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda
RENCANAKAN. Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi
praktis abad 21.
Jawab:
Pada
awalnya kelompok kami merencanakan untuk memberikan pengajaran cuci tangan dan
sikat gigi pada anak TK mengingat pentingnya kebersihan tangan dan gigi, akan
tetapi karena keterbatasan dari tempat yang akan kami tuju, maka kami
membatalkan rencana untuk melakukan tugas kelompok kami.
Setelah
gagal melaksanakannya di TK, pelaksanaan tugas kelompok kami kami laksanakan di
PAUD NADINE. Materi yang kami ajarkan juga mengalami perubahan karena
menurut kami materi “cuci tangan dan sikat gigi” kurang cocok dengan kondisi
anak di PAUD. Kelompok pada akhirnya memilih mengajarkan mereka menggambar dan
mewarnai karena materi ini sepertinya lebih dapat diterima oleh anak-anak di
PAUD.
Adapun
rundown kegiatan kami:
1. Perkenalan
(20 menit)
Perkenalan
dimulai dari perkenalan kami sebagai pengajar kemudian dilanjutkan dengan
pemanggilan nama mereka satu persatu agar kami lebih dapat mengenal murid-murid
yang akan kami ajarkan.
2. Pembagian
Kertas Gambar dan Persiapan Contoh Gambar (10 menit)
Disini
kelompok membagi tugas, ada yang bertugas membagikan kertas gambar, ada yang
menggambar dan kemudian menjelaskan apa saja yang harus mereka gambar.
3. Menggambar
dan Mewarnai (30 menit)
Para
murid diminta untuk menggambar objek yang di gambar oleh pengajar kemudian
mewarnainya.
4. Pengumpulan
dan Pemilihan Gambar Terbaik (10 menit)
Kelompok
mengumpulkan semua gambar yang telah selesai dan memilih satu gambar terbaik. Kelompok memilih Gio sebagai pemenang dan memeberikan hadiah yang kelompok sediakan khusus untuk pemenang.
5. Pembagian
Reward (10 menit)
Kelompok
memberikan reward berupa snack dan susu pada murid yang mengikuti kegiatan ini.
6. Games
(10 menit)
Peserta
diminta untuk bernyanyi dan menyebutkan kata dalam bahasa Inggris. Disini kelompok dapat melihat kalau murid-murid cukup berani untuk maju ke depan untuk bernyanyi dan sudah mampu mengenal kata bahasa inggris, meskipun dalam pengucapan masih banyak yang kurang baik.
7. Kata
Penutup dan Foto Bersama
Kelompok
mengucapkan terima kasih kepada semua murid dan guru yang telah bersedia
mengikuti kegiatan kelompok kemudian kelompok berfoto bersama guru dan murid.
Bila
dikaitkan dengan teori “pedagogi praktis abad 21”, pembelajaran kelompok
sepertinya memang tidak berhubungan dengan perkembangan teknologi dan informasi
(pedagogi progresif) tetapi kelompok dalam proses pengajaran terjadi sedikit
perbedaan dimana biasanya mereka diajar langsung oleh guru professional, dalam
kegiatan ini kelompok yang mengambil peran sebagai guru dan bertugas untuk
memberikan pengajaran pada mereka.
Bila
dikaitkan dengan pedagogi formal dan praktis, selama perkuliahan kelompok
belajar mengenai teori-teori pedagogi secara teoritis kemudian kelompok
menggunakan ilmu yang kelompok dapatkan dari buku di praktek langsung dimana
salah satunya dengan mencoba menjadi guru yang baik yang mengenal
murid-muridnya. Kelompok berusaha untuk memanggil nama murid ketika
berkomunikasi langsung dengan mereka. Berdasarkan apa yang kelompok lakukan, ternyata mengajar secara langsung memang jauh berbeda dari belajar mengenai teori, kelompok harus memikirkan cara penyampaian yang sederhana pada murid dan mampu memberikan ide-ide yang kreatif supaya kondisi kelas tetap kondusif dan peserta tidak bosan dalam proses pengajaran.
2. Uraikan secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi, tik dan fenomena kontemporer.
Jawab:
Hasil
Observasi per anggota kelompok:
1. Serefhy
- Memuji
murid.
- Mengajak
murid yang sudah selesai menggambar untuk bermain.
- Menanyakan
murid warna apa yang ingin dipakai.
2. Juli
- Mengajak
murid untuk berdiskusi tentang gambar.
- Memuji
setiap murid yang menyerahkan kertas gambar.
- Mengingatkan
murid yang belum siap menggambar
Berdasarkan
observasi terhadap murid:
- Beberapa
murid belum tahu apa objek yang digambar.
- Beberapa
murid ada yang lupa membawa pensil warna.
- Beberapa
murid mengalami kesulitan mengenal warna.
- Murid
menyelesaikan gambar sampai selesai.
Bila
dikaitkan dengan teori, maka pertanyaan essensial yang sesuai dengan
apa yang kami ajarkan adalah strategi dan pemecahan masalah dimana bagaimana
meskipun banyak kendala selama melaksanakan pengajaran, kelompok tetap bisa
menyelesaikan proses pengajaran ini dengan baik. Salah satunya terlihat dari
bagaimana anggota kelompok mengajak murid yang lain bermain supaya tidak
mengganggu temannya yang masih menggambar dan anggota kelompok juga mengamati
dan menanyakan kendala pada murid yang terlihat kesulitan menggambar dan
mewarnai.
Bila
dikaitkan dengan teori pedagogi efektif, kelompok sudah berusaha
menjadi guru yang baik agar murid dapat belajar dengan efektif, meskipun demikian, kelompok juga sepertinya kurang maksimal dan hanya bisa memenuhi dua dari 7 point yang diinginkan yaitu memfasilitasi pembelajaran bersama dan menciptakan lingkungan yang
menunjang pembelajaran.
Bila
dikaitkan dengan kenikmatan belajar, dari yang kami lihat murid cukup
menikmati apa yang kami ajarkan dan mampu untuk memahami apa yang kami ajarkan. Selain itu diakhir kegiatan reward yang kami berikan bisa sebagai bentuk penguatan (reinforcement) jika belajar itu bisa menyenangkan.
Berdasarkan dari pelaksanaan terhadap kegiatan, kelompok memahami maksud dari konsep "sama-sama belajar," karena meskipun hasil pengajaran dan pembelajaran yang diberikan belum maksimal karena banyak kendala yang kelompok hadapi, ada proses perkembangan dari kegiatan ini yang bisa menjadi masukan bagi kelompok dalam kegiatan yang mungkin hampir serupa.
Berdasarkan dari pelaksanaan terhadap kegiatan, kelompok memahami maksud dari konsep "sama-sama belajar," karena meskipun hasil pengajaran dan pembelajaran yang diberikan belum maksimal karena banyak kendala yang kelompok hadapi, ada proses perkembangan dari kegiatan ini yang bisa menjadi masukan bagi kelompok dalam kegiatan yang mungkin hampir serupa.
3.
Tuliskan pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F.
Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi
Teoritis dan Prinsip-prinsip Paedagogis.
jawab:
Secara
umum pembelajaran pada perkuliahan pedagogi tidak terlalu jauh berbeda dengan
pembelajaran di mata kuliah lain. Namun di mata kuliah ini bentuk “seni” yang
ditampilkan dalam strategi ataupun metode pengajaran lebih terlihat jelas.
“Seni” tersebut secara tidak langsung membuat kami sebagai mahasiswa menjadi
lebih berperan aktif dan lebih mampu dalam memanfaatkan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Salah satu contohnya adalah ketika Ibu Dina
berhalangan hadir di kelas dan memberikan tugas untuk berdiskusi online. Hal
ini secara nyata menggambarkan bahwa proses pengajaran bukan harus melalui
“tatap muka,” dan secara langsung saya juga merasa diskusi online malah sangat
membantu saya dalam memahami teori yang ada di dalam buku. Hal menurut saya
sesuai dengan defenisi yang dipaparkan oleh Ana Maria Gonzalez Soca bahwa
proses pedagogi adalah proses pendidikan yang menyoroti hubungan antara
pendidikan, pengajaran, dan pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan
kepribadian siswa agar mempersiapkan dirinya untuk menjalani kehidupan.
Bila dihubungkan dengan prinsip-prinsip pedagogi hal ini sesuai dengan prinsip pedagogi “kesatuan karakter ilmiah dan ideologi dari proses pedagogi” dan “kesatuan pengajaran, pendidikan dan pengembangan proses.” Mengapa? Karena seperti yang telah dijelaskan diatas pembelajaran di perkuliahan Pedagogi ini mengikuti perkembangan dari ilmu pengetahuan dan teknologi dengan penggunaan blog, facebook, email dan aplikasi chat. Meskipun mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tetapi juga diselingi cara pengajaran secara tradisional (tatap muka) dan dengan adanya proses pembelajaran yang dijalani selama setengah semester ini kami cukup mendapat pengetahuan tentang teori dan juga diberikan kesempatan untuk mengaplikasikannya.
Label:
UTS 2012/2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar: