Jumat, 12 Februari 2010

INTERNET SEHARUSNYA MENJADI PATNER BELAJAR; TUGAS 1


Pada era globalisasi sekarang ini semakin banyak sarana yang bisa kita gunakan untuk memperoleh informasi, salah satunya adalah internet. Perkembangan internet yang semakin pesat membuat kita sangat bergantung padanya. Adapun fungsi internet, yaitu sebagai alat komunikasi, akses informal, media pendidikan dan pembelajaran, tambahan, pelengkap dan pengganti.

1. Fungsi alat komunikasi

Internet bisa kita gunakan sebagai sarana komunikasi kemana saja, secara cepat. Komunikasi ini bisa berupa e-mail atau berdiskusi melalui chatting atau mailing list. Pada beberapa tahun yang lalu, telepon dan facsimile menjadi pilihan orang untuk berkomunikasi. Memang dengan telepon atau facsimile komunikasi lebih cepat, tetapi biayanya cukup mahal. Sama seperti awalnya untuk mengakses internet sangatlah mahal, tetapi sekarang biayanya bisa dikatakan cukup murah dengan banyaknya persaingan antarperusahaan yang menyediakan provider untuk mengakses internet dengan mudah dan murah. Ditambah dengan adanya jaringan wi-fi (wireless) di kampus, perpustakaan, restoran dan cafe.
2. Fungsi akses informasi
Melalui internet kita bisa mengakses berbagai informasi yang disajikan oleh berbagai surat kabar atau majalah tanpa harus berlangganan. Misalnya kita ingin mengetahui informasi cuaca, berita kriminal, ekonomi, politik dan sebagainya bisa di akses lewat internet. Contohnya saja okezone.com, disana terlihat jelas banyak berita politik, ekonomi bahkan gossip-gosip artis.
3. Fungsi media pendidikan dan pembelajaran
Melakui internet materi pembelajaran elektronik (online learning material) bisa kita akses. Misalnya seperti e-dukasi.net, bisa mencari penjelasan melalui wikipedia dan situs lainnya.
4. Fungsi tambahan
Dikatakan suplemen (tambahan), apabila kita mempunyai kebebasan memilih apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran elektronik atau tidak. Tentu saja jika kita memanfaatkannya akan memperoleh pengetahuan dan wawasan.
5.
Fungsi pelengkap

Apabila materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima di dalam kelas. Materi pembelajaran elektronik di programkan menjadi materi reinforcement (pengayaan) yang bersifat enrichment dan remedial bagi kita yang belajar di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional.
6. Fungsi pengganti
Tujuannya untuk membantu pelajar mengelola kegiatan pembelajaran atau perkuliahannya, sehingga dapat menyesuaikan waktu dan aktivitas lainnya dengan kegiatan perkuliahan. Ada 3 alternatif model perkuliahan
  • Konvensional, yaitu metode seperti pembelajaran formal biasa. Kita melakukan aktivitas pembelajaran dengan tatap muka.
  • Sebagian tatap muka dan sebagian internet, yaitu dengan kita tetap melakukan pembelajaran tatap muka tetapi terkadang juga komunikasi melalui internet
  • Sepenuhnya melalui internet, yaitu proses pembelajaran sepenuhnya hanya melalui internet tanpa ada tatap muka.

Berdasarkan pengalaman saya pembelajaran via internet atau bahkan penggunaan internet itu sendiri sewaktu saya SMP sangat jarang. Ketika SMA mulai ada beberapa tugas yang mengharuskan mencari bahan di internet bukan berpatokan lagi pada buku. Biasanya untuk mencari bahan itu mau tidak mau harus ke warnet atau ke laboratorium komputer.

Sistem pengajaran melalui internet sendiri selama SMP dan SMA belum ada, masih menggunakan sistem tatap muka. Padahal seharusnya dengan adanya komputer dan fasilitas internet, minimal ada pembelajaran melalui internet. Dari pelajaran lain selain pelajaran computer pun, kami tidak pernah belajar melalui internet. Sepertinya dikarenakan oleh kurangnya kemampuan guru dalam mengoperasikan media elektronik yang disediakan sekolah untuk proses belajar. Sehingga pelatihan untuk para guru supaya bisa mengoperasikan sarana dan prasarana yang disediakan supaya proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan.

Referensi:

Munir.2008.Kurikulum Berbasis TIK.Bandumg:Alfabeta.

Santrock, John.W.2008.Psikologi Pendidikan Edisi 2.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

0 komentar: